Monday, September 23, 2013

Sopir Hanya Tahu Luthfi Hasan Punya Dua Istri


JAKARTA, KOMPAS.com - Ali Imran, mantan sopir Luthfi Hasan Ishaaq, mengaku hanya mengetahui bosnya memiliki dua istri. Ali tak tahu jika mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menikah dengan Darin Mumtazah.

"Yang saya tahu itu ada dua (istri)," kata Ali saat bersaksi untuk terdakwa kasus dugaan suap pengaturan kuota impor daging sapi dan pencucian uang, Ahmad Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Hal itu diungkapkah Ali ketika dimintai keterangan tentang mobil-mobil Luthfi terkait Fathanah. Saat ditanya mengenai mobil Avanza, Ali mengatakan mobil itu milik istri kedua Luthfi, Lusi Tiarani.

"Itu (Avanza) punya Bu Lusi, istri kedua," terang Ali.

Ia mengatakan, Luthfi tak pernah bercerita mengenai Darin. Ali telah bekerja dengan Luthfi selama sekitar 3 tahun.

Seperti diketahui, Istri pertama Luthfi adalah Sutiana Astika, yang dinikahi pada Januari 1984. Istri keduanya Lusi Tiarani, yang dinikahi pada September 2000. Sementara Darin adalah istri ketiga yang dinikahi pada tahun 2012. Ketiganya pernah dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi untuk dimintai keterangan seputar aset Luthfi.

Dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang, pemeriksaan istri seorang tersangka memang kerap dilakukan untuk melacak kepemilikan aset. Dalam kasus ini, Luthfi dan teman dekatnya Fathanah didakwa melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Fathanah didakwa bersama-sama Luthfi menerima uang Rp 1,3 miliar dari PT Indoguna Utama terkait kepengurusan kuota impor daging sapi.

Dia juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang dengan menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membayarkan, dan membelanjakan harta kekayaan yang nilainya mencapai Rp 34 miliar dan 89.321 dollar AS. Diduga, harta tersebut berasal dari tindak pidana korupsi.

No comments:

Post a Comment